Home » » Pengertian WWW Menurut berbagai Sumber Di Google

Pengertian WWW Menurut berbagai Sumber Di Google

Pengertian WWW Menurut berbagai Sumber Di Google
Kali ini saya akan memposting mengenai pengertian WWW atau singkatan dari World Wide Web atau yang paling umum disebut adalah web. Pengertian WWW (World Wide Web) merupakan suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripada Internet.

WWW diciptakan dengan tujuan untuk menyediakan suatu bentuk penyediaan informasi di internet yang memungkinkan pemakai intenet mendapatkan dan menampilan informasi dimana saja  di internet secara mudah dan cepat.

Www atau singkatan dari World Wide Web maupun Web adalah sebuah sistem yang saling terkait dalam sebuah dokumen berformat hypertext yang berisi beragam informasi, baik tulisan, gambar, suara, video, dan informasi multimedia lainnya dan dapat diakses melalui sebuah perangkat yang disebut web browser atau  Jaringan dunia raya.

Untuk menerjemahkan dokumen hypertext kedalam bentuk dokumen yang dapat dipahami oleh Manusia, maka web browser melalui web client akan membaca halaman web yang tersimpan di sebuah webserver melalui protokol yang sering disebut HTTP atau Hypertext Transfer Protocol.

Sedangkan software atau perangkat lunak web browser saat ini tersedia dalam berbagai produk dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Beberapa web browser yang paling terkenal saat ini adalah Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Safari dan lain sebagainya.
Dokumen hypertext yang tersimpan didalam sebuah webserver memiliki banyak link atau sambungan antara satu dokumen hypertext dengan dokumen hypertext lainnya. Dengan adanya link antar dokumen hypertext, maka hal tersebut dapat memudahkan pengakses untuk mengunjungi atau mendapatkan dokumen-dokumen terkait yang diinginkannya.

Selebihnya dengan semakin banyaknya situs internet yang dapat diakses melalui browser dengan format http dan di ikuti dengan www , dan alamat url web yang hendak diakses, maka munculah sebuah situs pencari atau search engine, seperti halnya google.com dan yahoo.com  sebagai sarana memudahkan pengguna internet  untuk mencari berbagai dokumen yang tersedia melalui jutaan web di sebuah jaringan internet global. Dengan mengakses internet anda bisa terhubungan dengan berbagai server di seluruh dunia. Ini mempermudah pencarian berbagai informasi, contohnya walaupun kita ada di Indonesia kita dapat mengakses website yang mempuyai server di Amerika Serikat, atau belahan dunia manapun.

Sejarah www

WWW Merupakan suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, beliau mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Enquire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan yang menautkan berbagai arsip sehingga memudahkan pencarian informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kelak menjadi dasar dari sebuah perkembangan pesat yang dikenal sebagai WWW.

WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-lee membuat pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, kemudian pada bulan Oktober 1990, 'World Wide Web' sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW secara resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.

Pengertian WWW Menurut berbagai Sumber Di Google
{}
Judul: Pengertian WWW Menurut berbagai Sumber Di Google
Rating: 5.0 based on 7397739 user reviews.
Ditulis Oleh Unknown
Salam Sahabat
Share this article :

2 comments:

  1. Gan ko artikelnya tidak disertakan sumbernya -_-
    http://firmanardyansyah.blogspot.com/2013/06/pengertian-www-menurut-berbagai-sumber.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. sorry gan saya dapatnya ilmu ini dari blog orang lain bukan dari agan, kan sudah di beri inisial dari berbagai sumber jadi harap maklum gan. thanks atas kunjungannya.

      Delete

 
Support : Berbagi Tips Trik Informasi Kesehatan | SalamuN RespectoR | Kunci Dollar Gratis
Copyright © 2013. Blog Unik Tips dan Trik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger